Bonus Akhir Tahun

4 komentar

Bismillah,..

Menjelang hari-hari berakhirnya tahun 2011 dan beralih menuju tahun 2012 *bolak-balik kalender*, tak jarang kan kabar-kabari seputar bonus akhir tahun mencuat ke permukaan. Entah dalam bentuk uang, hadiah, ataupun hari libur yang agak panjang dibanding hari-hari lainnya. Begitu pula di kalangan mahasiswa, tak lupa bonus akhir tahun juga kami dapatkan, dan tahukah kalian bonus akhir tahunku apa???? Jika ingin tahu, tengoklah ke bawah ini:

jreeeeng..jreeeeng..


SOAL UAS FILSAFAT ILMU S2
Dosen Pengampu: Dr. Y. Suyitno MPd.

Petunjuk:
Jawablah soal-soal berikut dengan disertai kajian pustaka dari buku The Grammer of Science dan sumber rujukan lainnya,
Jawaban ditik dg jarak 1,5 spasi, huruf font 12,
Jawaban diserahkan dalam bentuk hard copy, dengan cover judul jawaban UAS Filsafat Ilmu, nama, NIM, prodi, tahun angkatan, pada tgl. 13 Januari 2012 di Ruang Dosen FIP, disamping kantor prodi PGSD FIP, dr jam 9 s/d 12

Soal-soal
Bagaimana anda membuat klasifikasi permasalahan pendidikan, sehingga masalah-masalah pendidikan dapat dikaji berdasarkan kajian ilmiah, jelaskan secara tegas berdasarkan prinsip klasifikasi tertentu!
Jelaskan implikasi kajian ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu pendidikan terhadap rumusan tujuan pendidikan, isi pendidikan/kurikulum, dan terhadap metode dan strategi pendidikan/pembelajaran.
Bagaimana implikasi dari pengetahuan baru terhadap teori metode ilmiah?, beri contoh dalam hasil-hasil temuan dalam bidang PKKh.
Bagaimana batas-batas ilmu (demarkasi) antara yang empiris  dengan yang metafisis? dan berikan kriteria-kriterianya menurut beberapa tokoh mazhab Wina.
Lakukan analisis secara detail terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SDLB, dari mulai landasan ontologis, epistemologis, dan aksiologisnya, sehingga dapat ditemukan dimana letak kelemahan dan kebaikannya!
Bagaimana anda melakukan kajian terhadap permasalahan pendidikan berdasarkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif? berikan contoh hasil-hasil penelitian dari kedua pendekatan tersebut!





Ujian Akhir Semester
Semester I Tahun Akademik 2010-2011
Program Studi Pendidikan Kebutuhan Khusus (S2)
Sekolah Pascasarjana-Universitas Pendidikan Indonesia
(Kelas Reguler-12 Januari 2012)


Soal:
Sebagai konsultan pendidikan inklusif, kelompok anda diminta untuk mengembangkan sebuah sekolah dasar menjadi sekolah inklusif. Untuk itu, anda merumuskan “Rancangan Pengembangan SD X menjadi Sekolah Inklusif”. Rancangan pengembangan tersebut harus mencakup:
Peningkatan sikap penerimaan seluruh komunitas sekolah (guru, siswa, orang tua) terhadap anak kebutuhan khusus.
Pengembangan kompetensi guru untuk dapat membuat semua siswa berpartisipasi dalam seluruh kegiatan belajar dengan mempertimbangkan: Asesmen & pendekatan pembelajaran, perkembangan anak, dan hambatan belajar.
Peningkatan aksesibilitas lingkungan fisik sekolah.
Pengadaan alat-alat bantu khusus untuk memungkinkan ABK mengakses kegiatan belajar bersama anak-anak lain di kelasnya.
Lain-lain (sebutkan secara spesifik).

Agar dapat merumuskan rancangan anda sesuai dengan konteks sekolah yang sesungguhnya,
Anda harus mengunjungi sebuah SD (yang belum diidentifikasi sebagai sekolah inklusif)
Anda harus mengunjungi sebuah SD yang sudah diidentifikasi sebagai sekolah inklusif sebagai bahan rujukan (baik rujukan positif maupun negative). Anda dapat menggunakan sekolah inklusif yang pernah anda observasi untuk tugas terdahulu.

Pelaporan:
 Anda diminta menyampaikan dua jenis laporan kelompok, yaitu (1) laporan tertulis dan (2) persentasi.
Laporan Tertulis
Menjelang persentasi, anda diminta menyerahkan 4 copy laporan tertulis beserta 1 SD soft copy.
Laporan disusun dengan kerangka sebagai berikut
Pendahuluan yang berisi rasional rancangan pengembangan yang terdiri dari landasan empiri dan teori. Landasan empiri dan landasan teori harus mencakup unsur-unsur: 1) Pendidikan Inklusif, 2) Hambatan belajar dan perkembangan anak, 3) Asesmen dan Pendekatan Pembelajaran
Metode pengumpulan data (data yang digunakan sebagai dasar rancangan pengembangan)
Rancangan Pengembangan
Rekomendasi 

Persentasi
Persentasi dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2012 mulai pukul 8.00
Masing-masing kelompok diberi waktu 20 menit untuk persentasi dan 40 menit untuk diskusi dengan tim penguji.
Presentasi diwakili oleh seorang anggota kelompok.

Penilaian:
Penilaian difokuskan pada:
Kejelasan rumusan gagasan, baik pada laporan tertulis maupun pada bahan presentasi, yang meliputi: kekomprehensifan, ketajaman analisis, dan keruntutan logika berfikir.
Interaksi pada saat presentasi (kemampuan menjawab pertanyaan penguji)
Dinamika kelompok pada saat pengerjaan tugas dan penyusunan laporan.
Relevansi dengan 4 mata kuliah sebagaimana disebutkan pada landasan empiri dan landasan teori (pendahuluan laporan).
Selamat Bekerja


Bagaimana???? Keren kan bonus akhir tahunnya??? *tertawa sumbang*
Yaah begitulah kurang lebih penggambaranku mengenai bonus akhir tahunku dan dari sana para pemirsa bisa menyimpulkan sendiri bahwa sepertinya tahun ini akan kututup bersama dengan laptop setiaku. Tenggelam dalam barisan huruf-huruf yang kadang tak kufahami maksudnya apa, heheee… menutup tahun tidak berada di rumah bersama orangtua dan sanak saudara melainkan di kamar kosan bahkan dengan jabatan sebagai satpam karena menjelang akhir tahun ini bersamaan dengan libur menjelang UAS di awal Januari nanti namun tugas UAS saya tetap tidak mau libur. Maka saat seluruh anak kosan mudik menikmati liburannya, saya dengan ketabahan hati dan kelapangan dada *ngusap wajah* mengatakan have a nice holiday and  don’t worry I’ll be here to keep our home till you come back *sok English, jangan diketawain kalo tata aturan katanya ngaco* hihiiiii…

etapiiii,…. Bonus akhir tahun saya di atas itu bisa dibagi lhoooo… ada yang mau??? Buat kalian para pemirsa yang baek hati, rajin menabung dan tidak sombong,..mungkin ada yang tergerak hatinya untuk membantu memberi saran, masukan, kritikan ataupun jawaban lengkap *itung-itung sedekah akhir tahun* heheee,.. maka itu sangat diharap dan dinantikan. :D :D :D

Terima kasih para pemirsa sekalian atas kesedian kalian membaca coret moret mumet ini,.. semoga bonus akhir tahun kalian jauh lebih menyenangkan,aamiin ^^

Kertas Baru

1 komentar

Bismillah,..

Alhamdulillah akhirnya selesai juga memperbaharui ‘kertas’ yang lama menjadi ‘kertas’ baru yang cantik nian ini. Rasanya ingin bersorak ala dora *berhasil..berhasil..berhasil..horee* :D

Di sela-sela sok sibuk ngerjain tugas UAS *itulah mengapa jarang menulis*, akhirnya kularikan sejenak pencarian jawaban soal-soal ujian itu ke blogku ini yang sudah beberapa hari sebenarnya kufikirkan mengapa tampilannya beberapa hari lalu berubah. Apakah karena saya jarang membuka atau memperhatikannya sehingga ia marah dan merubah dirinya?? Yang jelas tampilan itu kurang enak kulihat dan mungkin terlihat orang *GR kalo blognya diliat orang :D*. Telah kuutak-atik sana-sini juga tak berhasil mengembalikannya ke keadaan semula. Karena waktu itu benar-benar belum sempat mengutak-atiknya lebih jauh dan lagi tugas demi tugas ini mengalihkan duniaku maka jadilah untuk beberapa waktu lamanya kubiarkan si Pena Kecilku masih dengan kertas ‘buram’nya.

Sekaraaaaaaaang…jreeeeng..jreeeeng… inilah ‘kertas’ barunya yang telah melalui proses pemilihan dan pemilahan, pengutak-atikan, geser kiri-geser kanan yang Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan bagiku dan mudah-mudahn juga bagi para pembaca yang telah bersedia melirik sejenak ke tempat ini.
Akhir kata,..Miyahara Chan senang dengan kertas barunya si Pena Kecilku dan mudah-mudahan makin membuatnya rindu menulis di sini (^_^)