Tidak Seharusnya 'Ikatan' Itu Menyakiti

Yaaah,..tidak seharusnya ikatan itu menyakitkan. Karna ia bukan ikatan di kakimu yang akan menghalangi gerak langkahmu, bukan pula ikatan di tanganmu hingga membuatku kesulitan menggapai apa yau inginkan, terlebih bukan ikatan di lehermu yang membuatku tercekik, tak mampu bernafas dan lebih parah adalah membuatmu mati. Ia adalah ikatan pertemanan,… ikatan yang seharusnya tidak menyakitimu, bahkan sebaliknya seharusnya membuat hari-harimu penuh warna.

Ikatan pertemanan bagiku bukan sesuatu yang biasa bukan pula terlalu luar biasa karena masih ada ikatan yang lebih di atas ikatan pertemanan,..yaitu ikatan ukhuwah,..yang kesemuanya seharusnya tidak akan menyakitimu.
Tak ingin menganggapnya biasa, tak juga luar biasa. Tidak memperlakukannya secara biasa, tidak juga luar biasa, karena yang kuakui sebagai ikatan luar biasa adalah ikatan antara Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dengan shahabat-shahabatnya, ikatan yang tak tertandingi di bumi manusia.

Bagiku ikatan pertemanan itu memiliki kadarnya masing-masing, bukan berarti ada pembeda antara teman yang ini dan yang itu namun hatimu lebih tahu kemana ia merasa nyaman membicarakan hal-hal tertentu. Yaaah karena kita berteman dengan hati bukan sekedar dengan lisan. Maka wajar bagiku jika setiap teman memiliki ruangnya masing-masing di hati, ukuran dan tempatnya mungkin bisa berbeda tapi kuyakinkan bahwa kita tetap adalah teman yang akan memperlakukan secara baik satu sama lain, saling membantu, saling mendukung,.

Tak jarang dalam pertemanan pun bukan hanya yang manis saja yang akan kau cicipi, karna tak jarang asam, masam hingga pahitnya harus kau kecap karna itulah rasa keseluruhan dari sebuah pertemanan. Jika hati ini kadang meringis saat menemukan pahit itu maka yakinlah masih ada rasa manis lain yang terserak yang menunggumu. Jangan biarkan itu membuatmu semakin memperkecil ukuran ruangannya di hatimu.
Jika di suatu saat kau menemukan dirimu menjadi obyek candaan temanmu yang mungkin bagi mereka itu hanyalah sekedar candaan, bersenang-senang menurut mereka,.. sabarkanlah hatimu karena mungkin mereka sedang tidak bisa memposisikan diri jika berada di posisimu. Padahal kita semua memiliki rasa yang sama, mencari kenyamanan. Kembali lagi karena kita berteman dengan hati maka sekali lagi sabarkanlah hatimu.

Lantas jangan tanyakan mengenai apa itu sahabat,.. karena bagiku menyandingkan kata sahabat pada seseorang bukanlah hal mudah. Terlalu dini jika kukatakan kau adalah sahabatku karena hingga kini pun saya masih bergelut dengan diriku bagaimana berteman melalui hati, bukan sekedar melalui lisan. Karena kau tahu??? Berteman melalui hati itu sulit apalagi menyandingkan kata sahabat pada nama seseorang di antara teman-temanmu.

Berteman itu tidak menyakiti, seperti yang melingkar di kaki, tangan maupun lehermu yang membuatmu kesakitan. Tidak menyakiti melalui sikap dan tindakan, terlebih melalui kata. Karena bagiku, lebih menyakitkan jika itu berasal dari kata yang engkau ucapkan, itu akan langsung masuk ke telinga, tersimpan dalam memori dan menembus hingga ke hati.

(nasihat untuk diri sendiri, menata ulang pertemanan ini).

8 komentar:

  1. karena hubungan itu selalu dinamis :D

    BalasHapus
  2. yaaaa that's right,..
    kedinamisannya yang memberi warna,..kurasa begitu.

    arigatou gozaimasu dah 'main' kesini,..

    BalasHapus
  3. hmmm menata ulang pertemanan...kayaknya habis cengcok dengan temannya ya mbak *maaf^^

    aku juga harus menata ulang nama2 yang punya lapak luas di hatiku sebagai sahabat kayaknya..^^
    salm ukhuwah..salam persohib-blog-an...

    BalasHapus
  4. hmmmm sesungguhnya dan sebenarnya tidak siih,. kadang menajamkan mata dan telinga bisa membuat kita melihat hal di luar diri kita :)

    mmmm mari menata ulang, mengatur lagi,. *ngajakberes2* :D :D

    salam ukhuwah dan perteman-blog-an :)

    BalasHapus
  5. mari menata di t4 yg seharusnya ditata, lalu mari menjga yg sharusnya sllu ada. :p

    pertma kli menjejak dn lgsung jtuh cinta sm motto blognya. Pena kecilq, mencri dn menemukn yg terserak..
    Slm kenal..

    BalasHapus
  6. "mari menata di t4 yg seharusnya ditata, lalu mari menjga yg sharusnya sllu ada" it's nice quotes dan yang bisa ku katakan yuuuuk marii :)

    oh yaa???bisakah ku katakan seperti love at the first sight with my blog??? sejujurnya tak kukira akan menghasilkan reaksi demikian dari aksi ini *ingat hukum aksi-reaksi*.

    salam kenaal pula :)

    BalasHapus
  7. bahkan ikatan ukhuwah karena iman itu lebih berarti dari ikatan darah.

    `dekap erat mereka Dalam Dekapan Ukhuwah, salam..

    BalasHapus
  8. "bahkan ikatan ukhuwah karena iman itu lebih berarti dari ikatan darah." sebagaimana kaum muhajirin dan kaum anshar dijadikan bersaudara oleh Rasulullah yang pada dasarnya tiada ikatan darah di antara mereka namun atas nama ukhuwahlah maka semua itu terjadi..

    arigatou gozaimasu dah berkunjung :)

    BalasHapus

G berkomentar G rameee,...yuuuuk silahkaan ^^