Belajar Pembelajaran_Tentang Belajar


1.      Jelaskan dan berikan contoh apa yang dimaksud dengan belajar?
Jawab: Belajar adalah kegiatan individu memperoleh pengetahuan, perilaku dan keterampilan dengan cara mengolah bahan belajar. Contohnya: pada siswa kelas I SD, sebelum memasuki bangku sekolah ia belum tahu cara-cara menjumlahkan angka-angka. Namun setelah mengenyam pendidikan (belajar), ia sudah mampu menjumlahkan angka-angka walaupun masih sangat sederhana. Ini bisa dikatakan sebagai belajar sebab individu tersebut menggunakan ranah-ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

2.      Jelaskan pandangan Skinner tentang ciri-ciri belajar!
Jawab: Menurut Skinner ciri-ciri belajar yaitu bahwa belajar merupakan suatu perilaku. Oleh karena itu pada saat orang belajar, maka responsnya menjadi lebih baik, sebaliknya bila ia tidak belajar maka responsnya menurun. Dalam belajar ditemukan hal-hal berikut:
a.       Kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respons pebelajar,
b.      Respons si pebelajar, dan
c.       Konsekuensi yang bersifat menguatkan respons tersebut.

3.      Guru memiliki peranan dalam acara pembelajaran, sebutkan:
Jawab: Di antaranya yaitu:
a.       Membuat desain pembelajaran secara tertulis, lengkap, dan menyeluruh.
b.      Meningkatkan diri untuk menjadi seorang guru yang berkepribadian utuh.
c.       Bertindak sebagai guru yang mendidik.
d.      Meningkatkan profesionalitas keguruan.
e.       Melakukan pembelajaran sesuai dengan berbagai model pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi siswa, bahan belajar, dan kondisi sekolah setempat dalam rangka peningkatan mutu belajar.
f.       Dalam berhadapan dengan siswa, guru berperan sebagai fasilitas belajar, pembimbing belajar, dan pemberi balikan belajar. Dengan adanya peran-peran tersebut, maka sebagai pembelajar guru adalah pembelajar sepanjang hayat (Winkel, 1991; Monks, Knoers, Siti Rahayu, 1989; Biggs & Telfer, 1987).

4.      Prinsip-prinsip belajar dalam usaha meningkatkan belajar siswa maupun guru!
Jawab: Prinsip-prinsip belajar dalam usaha meningkatkan belajar siswa maupun guru yaitu:
a.       Perhatian dan motivasi
b.      Keaktifan
c.       Keterlibatan langsung / berpengalaman
d.      Pengulangan belajar
e.       Tantangan
f.       Pemberian balikan dan penguatan belajar
g.      Adanya perbedaan individual dan perilaku belajar.

5.      Mengapa prinsip-prinsip belajar beraplikasi bagi siswa dan guru? Jelaskan pendapat Anda!
Jawab: Menurut kami, prinsip-prinsip belajar beraplikasi bagi siswa dan guru, sebab dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan adanya prinsip-prinsip belajar. Sebab dalam proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan sembarangan dan prinsip-prinsip belajar pulalah yang dapat membimbing seorang pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya prinsip-prinsip belajar maka guru dapat memilih tindakan yang tepat agar dapat meningkatkan proses belajar siswa. Sedangkan prinsip belajar beraplikasi bagi guru, sebab prinsip-prinsip belajar tersebut berkaitan dengan perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung/berpengalaman, pengulangan, tantangan, balikan dan penguatan, serta perbedaan individual. Di mana seluruh aspek tersebut terjadi di dalam proses belajar mengajar. Sehingga siswa harus mengaplikasikan prinsip-prinsip belajar agar berhasil dalam proses pembelajarannya.

6.      Tiga komponen utama dalam motivasi, yaitu kebutuhan, dorongan, dan tujuan. Jelaskan makna tiga hal tersebut!
Jawab: Kebutuhan dalam motivasi bermakna bahwa seseorang akan termotivasi terhadap sesuatu apabila hal tersebut dirasakan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan adanya rasa butuh itulah yang diperlukan dalam kesehariannya, maka akan membuat seseorang merasa termotivasi. Dorongan dalam motivasi bermakna bahwa seseorang akan termotivasi terhadap sesuatu apabila ia merasakan dorongan atau semangat yang datang baik dari dirinya maupun dari luar dirinya (lingkungan). Dorongan yang diberikan kepadanya akan membuatnya semakin termotivasi untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu. Tujuan dalam motivasi bermakna bahwa seseorang akan termotivasi terhadap sesuatu apabila ia memiliki tujuan yang hendak dicapainya dari sesuatu hal yang dipelajari atau dikerjakannya. Semakin jelas tujuan yang akan dicapai akan membuat seseorang semakin termotivasi untuk mencapai hal tersebut.

7.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan motivasi ekstrinsik dan intrinsik!
Jawab: Motivasi ekstrinsik adalah tenaga pendorong yang ada di luar perbuatan atau tidak ada hubungan langsung dengan perbuatan yang dilakukannya, tetapi menjadi penyertanya. Sedangkan motivasi intrinsik adalah tenaga pendorong terhadap perilaku seseorang yang timbul dari dalam dirinya sendiri yang aman timbul dengan sendirinya dan tanpa paksaan dari orang lain atau dari lingkungannya.

8.      Jelaskan bahwa motivasi belajar berpengaruh atas keberhasilan siswa!
Jawab: Motivasi belajar tentu saja berpengaruh terhadap keberhasilan siswa sebab motivasi memiliki urgensi (pentingnya) sebagai berikut:
a.       Menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses, dan hasil akhir.
b.      Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar.
c.       Mengarahkan kegiatan belajar.
d.      Membesarkan semangat belajar.
e.       Menyadarkan tentang adanya perjalanan belajar dan kemudian bekerja yang berkesinambungan.
Dari mengetahui pentingnya motivasi belajar maka kita akan mengetahui bahwa hal tersebut yang menentukan keberhasilan siswa di dalam belajar. Dan karena adanya motivasi inilah yang membuat siswa meraih keberhasilan.

9.      Jelaskan pernyataan bahwa CBSA merupakan upaya memaksimalkan keterlibatan intelektual, emosional, dan fisik siswa dalam proses belajar!
Jawab: Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) seperti yang kita ketahui sendiri, tujuannya menjadikan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa dituntut mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugasnya tanpa pengarahan yang berlebih dari pendidik. Hal ini otomatis melatih sumber daya peserta didik seperti intelektual, emosional, dan fisik siswa menjadi lebih maksimal, karena siswa harus dapat mengandalkan dirinya sendiri.

10.  Mengapa konsep pendidikan seumur hidup dijadikan rasionalisasi penerapan CBSA!
Jawab: Sebab pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang itu bersifat sementara yang mana dalam artian bahwa untuk pendidikan itu berlaku seumur hidup. Kita harus mencari ilmu itu sendiri yang seperti kata pepatah mulai dari buaian hingga ke liang lahat. Di mana dalam mencari ilmu itu sendiri diperlukan keaktifan dari siswa itu sendiri yang lebih dikenal dengan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA).

11.  Sebutkan sekurang-kurangnya lima keuntungan bagi siswa dalam pembelajaran individual!
Jawab:
1.      Pemberian kesempatan dan keleluasaan siswa untuk belajar berdasarkan kemampuan sendiri.
2.      Pengembangan kemampuan tiap individu secara optimal. Di mana tiap individu memiliki paket belajar sndiri-sendiri, yang sesuai dengan tujuan belajarnya secara individual juga.
3.      Pada pembelajaran secara individual, tanggungjawab siswa untuk belajar sendiri sangat besar.
4.      Kedudukan guru dalam pembelajaran secara individual juga menciptakan hubungan terbuka dengan siswa yang bertujuan menimbulkan perasaan bebas dalam belajar.
5.      Program pembelajaran individual berorientasi pada pemberian bantuan kepada setiap siswa agar ia dapat belajar secara mandiri.

12.  Jelaskan perbedaan pembelajaran dengan strategi ekspositori dan strategi inkuiri!
Jawab: Pembelajaran dengan strategi ekspositori merupakan kegiatan mengajar yang terpusat pada guru, tujuan utamanya adalah “memindahkan” pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai pada siswa. Peranan guru sebagai: penyusun program pembelajaran, pemberi informasi yang benar, pemberi fasilitas yang baik, dan seterusnya. Peranan siswa yang penting yaitu pencari informasi yang benar, pemakai media dan sumber yang benar, menyelesaikan tugas yang sehubungan dengan penilaian guru, dan pada umumnya alat evaluasi hasil belajar yang digunakan adalah tes yang telah dibakukan/tes buatan guru. Sedangkan pembelajaran dengan strategi inkuiri yaitu pengajaran yang mengharuskan siswa aktif mengolah pesan sehingga memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai. Evaluasi hasil belajar model inkuiri meliputi: keterampilan pencarian dan perumusan masalah, keterampilan pengumpulan data/informasi, keterampilan meneliti, keterampilam menarik kesimpulan dan laporan.

13.  Jelaskan perbedaan antara tes, evaluasi, pengukuran, dan penilaian!
Jawab:
×        Tes merupakan alat/instrumen evaluasi belajar.
×        Evaluasi secara umum dapat diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (tujuan, kegiatan, keputusan, untuk kerja proses, orang, obyek dan yang lain) berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian.
×         Pengukuran lebih menekankan kepada proses penentuan kualitas sesuatu melalui membandingkan dengan satuan ukuran tertentu.
×        Penilaian menekankan kepada proses pembuatan keputusan terhadap sesuatu ukuran baik-buruk yang bersifat kualitatif.

14.  Syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh evaluasi yang baik?
Jawab:
a.       Kesahihan (validitas), diartikan sebagai ketepatan evaluasi mengevaluasi apa yang seharusnya dievaluasi.
b.      Kehandalan, menyangkut masalah kepercayaan, yakni tingkat kepercayaan bahwa suatu instrumen evaluasi mampu memberikan hasil yang tepat.
c.       Kepraktisan, dalam evaluasi kepraktisan diartikan sebagai kemudahan-kemudahan yang ada pada instrumen evaluasi baik dalam mempersiapkan, menggunakan, menginterpretasikan/memperoleh hasil, maupun kemudahan dalam menyimpannya.

15.  Apa perbedaan antara evaluasi hasil belajar dengan evaluasi pembelajaran?
Jawab: Evaluasi hasil belajar adalah proses untuk menetukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran hasil belajar. Sedangkan evaluasi pembelajaran adalah proses untuk menentukan jasa, nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran.

16.  Sebutkan faktor intern dan ekstern yang dapat mempengaruhi proses belajar siswa!
Jawab:
v  Faktor intern:
a.       Sikap terhadap belajar
b.      Motivasi belajar
c.       Konsentrasi belajar
d.      Mengolah bahan belajar
e.       Menyimpan perolehan hasil belajar
f.       Menggali hasil belajar yang tersimpan
g.      Kemampuan berprestasi atau unjuk hasil belajar
h.      Rasa percaya diri siswa
i.        Intelegensi dan keberhasilan belajar
j.        Kebiasaan belajar
k.      Cita-cita siswa
v  Faktor ekstern:
a.       Guru sebagai pembina siswa belajar
b.      Prasarana dan sarana pembelajaran
c.       Kebijakan penilaian
d.      Lingkungan sosial siswa di sekolah
e.       Kurikulum sekolah 

17.  Suatu rumusan TIK yang lengkap memiliki berbagai unsur di dalamnya, sebutkan!
Jawab: Suatu rumusan TIK yang lengkap memiliki berbagai unsur di dalamnya yaitu Agree, Behavior, Condition, dan Degree. (A, B, C, & D).

18.  Sebutkan metode-metode mengajar yang dapat mengaktifkan siswa?
Jawab:
a.       Diskusi                                                      f. Bermain peran
b.      Pemberian tugas                                        g. Karyawisata
c.       Eksperimen                                               h. Inkuiri/penalaran
d.      Tanya jawab                                              i. Demonstrasi
e.       Simulasi

19.  Di manakah letak perbedaan kegiatan mengajar dengan kegiatan manajemen kelas?
Jawab: Kegiatan mengajar yaitu keaktifan guru dan siswa dalam menyampaikan mata pelajaran dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik atau siswa. Sedangkan kegiatan manajemen kelas yaitu suatu keaktifan guru dalam menata ruangan agar mempengaruhi peserta didik agar aktif di dalam proses belajar di ruangan.

20.  Jelaskan fungsi guru dalam pengelolaan kelas!
Jawab:
a.       Fungsi instructional (pengajaran)
      Menyampaikan sejumlah keterangan dan fakta-faktanya kepada siswa.
      Memberi tugas
      Mengoleksi atau memeriksa tugas siswa
b.      Fungsi educational (pendidikan)
      Fungsi guru bukan hanya mengajar tapi juga mendidik.
c.       Fungsi managerial (pengolahan)
      Di samping guru berfungsi sebagai pengajar dan pendidik, guru juga berfungsi sebagai pengelola. Fungsi ini tidak terbatas di kelasnya tetapi menyangkut situasi sekolah di mana ia bertugas.

21.  Akibat-akibat apa yang mungkin terjadi terhadap disiplin kelas apabila guru memberikan hukuman kepada seluruh kelas kendatipun yang salah hanya seorang siswa?
Jawab: Akibat yang mungkin terjadi adalah siswa dalam kelas tersebut akan kapok dengan perbuatannya, sehingga kelas akan tertib dan proses belajar pembelajaran akan berjalan lancar.

22.  Apa yang dimaksud dengan tindakan preventif dan kuratif dalam pengelolaan kelas?
Jawab: Tindakan preventif adalah tindakan yang dilakukan oleh seorang guru (pendidik) untuk mencegah terjadinya permasalahan di dalam kelas, sedangkan tindakan kuratif adalah tindakan yang dilakukan oleh seorang guru (pendidik) ketika terjadi permasalahan di dalam kelas.

23.  Di mana letak perbedaan perencanaan pengajaran dengan PPSI dan perencanaan dengan KBK?
Jawab: Letak perbedaan perencanaan pengajaran dengan PPSI dan perencanaan dengan KBK adalah PPSI menggunakan TIU dan TIK, sedangkan model KBK tidak menggunakan kedua hal tersebut.

24.  Tulislah sekurang-kurangnya 7 cara belajar yang efisien!
Jawab:
a.       Selalu mengulangi pelajaran yang telah diterima
b.      Membuat kata kunci (key word) mengenai materi pelajaran agar mudah dalam mengingatnya.
c.       Membuat ringkasan mengenai materi pelajaran dengan menggunakan kata-kata sendiri agar mudah memahami materi tersebut.
d.      Belajar dapat pula dilakukan secara berkelompok agar terjadi tukar menukar informasi atau pengetahuan.
e.       Belajar dalam suasana tenang dan tidak bising akan mempermudah bahan pelajaran untuk dicerna.
f.       Sebaiknya membuat evaluasi sendiri agar mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman terhadap suatu materi pelajaran.
g.    Selalu berusaha untuk menyisakan waktu untuk belajar setiap harinya agar memudahkan bilaman mendekati ujian.

* * *
Ini salah satu tugas mata kuliah belajar pembelajaran dalam bentuk soal-jawab. Mudah mudahan ada manfaatnya . . .

0 komentar:

Posting Komentar

G berkomentar G rameee,...yuuuuk silahkaan ^^